Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #12 | Pengertian dan Fungsi Perintah this
Irgo Adityawan
10 Mei 2023
this
dalam OOP (Pemrograman Berorientasi Objek) di Bahasa Pemrograman JavaPerintah this
adalah salah satu konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek (OOP) yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java. Perintah this
digunakan untuk merujuk pada objek saat ini atau instansiasi kelas yang sedang dieksekusi. Artikel ini akan membahas pengertian, konsep, dan fungsi dari perintah this
dalam OOP pada bahasa pemrograman Java.
this
Perintah this
adalah kata kunci yang digunakan untuk merujuk pada objek saat ini. Objek saat ini adalah instansiasi kelas yang sedang dieksekusi. Dengan kata lain, this
mengacu pada objek yang memanggil metode atau konstruktor saat ini.
Konsep this
berguna ketika ada konflik nama antara variabel instans (atribut) dengan parameter atau variabel lokal dalam metode atau konstruktor. this
membantu untuk membedakan antara variabel instans dan variabel lokal dengan nama yang sama.
this
Konsep dasar penggunaan perintah this
adalah sebagai berikut:
Mengakses Variabel Instans: Perintah this
digunakan untuk mengakses variabel instans (atribut) dalam kelas saat ini. Ini memungkinkan Anda untuk menghindari konflik nama antara variabel lokal dan variabel instans dengan nama yang sama.
Merujuk pada Konstruktor: this
digunakan dalam konstruktor untuk merujuk ke konstruktor lain dalam kelas yang sama. Ini memungkinkan Anda untuk memanggil konstruktor lain dalam kelas yang sama dengan berbagai parameter.
Mengembalikan Objek Saat Ini: Dalam metode, this
digunakan untuk mengembalikan objek saat ini. Ini berguna ketika Anda ingin mengembalikan objek yang sedang dieksekusi dalam metode.
this
Fungsi utama dari perintah this
dalam Java adalah:
Mengakses Variabel Instans: this
digunakan untuk mengakses variabel instans (atribut) dari objek saat ini. Misalnya, jika ada variabel instans dengan nama yang sama seperti parameter metode, this
digunakan untuk merujuk ke variabel instans tersebut.
Menghindari Konflik Nama: this
membantu menghindari konflik nama antara variabel lokal, parameter, dan variabel instans dalam metode atau konstruktor. Dengan menggunakan this
, Anda dapat membedakan antara variabel lokal dan variabel instans dengan nama yang sama.
Memanggil Konstruktor Lain: Dalam konstruktor, this
digunakan untuk memanggil konstruktor lain dalam kelas yang sama. Ini memungkinkan untuk menginisialisasi objek dengan berbagai cara tanpa menulis kode yang berlebihan.
Mengembalikan Objek Saat Ini: Dalam metode, this
digunakan untuk mengembalikan objek saat ini. Ini berguna ketika Anda ingin mengembalikan objek yang sedang dieksekusi dalam metode.
this
class Mahasiswa {
private String nama;
Mahasiswa(String nama) {
this.nama = nama; // Menggunakan this untuk mengakses variabel instans
}
void info() {
System.out.println("Nama Mahasiswa: " + this.nama); // Menggunakan this untuk mengakses variabel instans
}
}
Dalam contoh di atas, this
digunakan untuk mengakses variabel instans nama
dalam konstruktor dan metode info()
. Ini membantu membedakan antara variabel instans dan parameter dengan nama yang sama.
class Buku {
private String judul;
private String penulis;
Buku(String judul) {
this.judul = judul;
}
Buku(String judul, String penulis) {
this(judul); // Memanggil konstruktor lain dalam kelas yang sama
this.penulis = penulis;
}
void info() {
System.out.println("Judul Buku: " + this.judul);
System.out.println("Penulis Buku: " + this.penulis);
}
}
Dalam contoh di atas, konstruktor kedua menggunakan this(judul)
untuk memanggil konstruktor pertama dalam kelas yang sama. Ini memungkinkan inisialisasi objek dengan judul tanpa harus menulis ulang kode.
class Titik {
private int x;
private int y;
Titik(int x, int y) {
this.x = x;
this.y = y;
}
Titik tambah(Titik titikLain) {
this.x += titikLain.x;
this.y += titikLain.y;
return this; // Mengembalikan objek saat ini
}
void info() {
System.out.println("Koordinat Titik: (" + this.x + ", " + this.y + ")");
}
}
Dalam contoh di atas, metode tambah()
menggunakan this
untuk mengembalikan objek saat ini. Ini memungkinkan pemanggilan berantai metode, di mana metode dapat dipanggil secara berurutan pada objek yang sama.
Penggunaan perintah this
dalam Java memungkinkan Anda untuk mengelola objek saat ini dengan lebih efektif dan menghindari konflik nama. Ini adalah alat yang penting dalam pengembangan OOP yang efisien dalam bahasa pemrograman Java.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #01 | Apa Itu Java dan Sejarah Singkatnya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #02 | Pengertian dan Keunggulan Java
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #03 | Pengertian JVM (Java Virtual Machine) dan fungsinya
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #04 | Pengertian JRE dan JDK
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #05 | Cara Menginstall Java JDK (Java Development Kit)
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #06 | Mengatur Setting Path untuk Java JDK
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #07 | Cara Menjalankan kode Program Java
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #08 | Melihat Pesan Error Kode Program Java
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #09 | Cara Menjalankan Java dari Notepad++
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #10 | Struktur Dasar Kode Program Bahasa Pemrograman Java
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #11 | Aturan Dasar Penulisan Kode Java
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #12 | Pengertian dan Cara Penulisan Variabel Bahasa Java
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #13 | Pengertian dan Cara Pembuatan Konstanta Bahasa Java
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #14 | Cara Menampilkan Teks di Bahasa Java
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #15 | Jenis-Jenis Tipe Data dalam Bahasa Java
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #16 | Tipe Data Integer Bahasa Pemrograman Java
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #17 | Tipe Data Float dan Double Bahasa Pemrograman Java
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #18 | Tipe Data Boolean Bahasa Pemrograman Java
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #19 | Tipe Data Char Bahasa Pemrograman Java
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #20 | Tipe Data String Bahasa Pemrograman Java
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #21 | Tipe Data Array
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #22 | Jenis-jenis Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #23 | Jenis-jenis Operator Aritmatika
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #24 | Cara Menampilkan Teks
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #25 | Jenis-jenis Operator Perbandingan / Relasional
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #26 | Jenis-jenis Operator Logika
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #27 | Jenis-jenis Operator Bitwise
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #28 | Jenis-jenis Operator Assignment
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #29 | Tipe Percabangan Kondisi IF
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #30 | Percabangan Kondisi IF ELSE
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #31 | Percabangan Kondisi IF ELSE IF
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #32 | Percabangan Kondisi Switch Case Bahasa Java
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #33 | Perulangan FOR Bahasa Java
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #34 | Perulangan WHILE Bahasa Java
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #35 | Perulangan DO WHILE Bahasa Java
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #36 | Fungsi dan Pengertian Perintah BREAK
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #37 | Fungsi dan Pengertian Perintah CONTINUE
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #38 | Jenis-jenis Operator Assignment
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #39 | Pengertian Function (Fungsi) Bahasa Java
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #40 | Pengertian Parameter dan Argumen Fungsi Java
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #41 | Fungsi Perintah Return dalam Function
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #42 | Pengertian Variable Scope
43. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #01 | Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek
44. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #02 | Pengertian Class, Object, Property dan Method
45. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #03 | Cara Membuat Class dan Object
46. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #04 | Istilah Property
47. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #05 | Cara Membuat Method Bahasa Java
48. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #06 | Pengertian Constructor
49. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #07 | Cara Membuat Pewarisan Class (Inheritance)
50. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #08 | Cara Membuat Multiple Inheritance
51. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #09 | Pengertian Method Overidding
52. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #10 | Pengertian Method Overloading
53. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #11 | Pengertian dan Fungsi Perintah super
54. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #12 | Pengertian dan Fungsi Perintah this
55. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #13 | Pengertian dan Fungsi Perintah static
56. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #14 | Pengertian dan Fungsi Perintah Final
57. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #15 | Cara Membuat Package dan Proses Import
58. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #16 | Cara Mengakses Class Pada Package Yang Sama
59. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #17 | Memahami Batasan Hak Akses (access modifier)
60. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #18 | Batasan Hak Akses Private
61. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #19 | Batasan Hak Akses Public
62. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #20 | Batasan Hak Akses Default
63. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #21 | Batasan Hak Akses Protected
64. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #22 | Membuat Setter dan Getter
65. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #23 | Pengertian Encapsulation Java
66. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #24 | Pengertian Polymorphism Java
67. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #25 | Pengertian Abstract Class
68. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #26 | Pengertian Interface Class
69. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #27 | Pola Persegi Bintang
70. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #28 | Pola Persegi Panjang Bintang
71. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #29 | Pola Segitiga
72. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #30 | Menghitung Luas Lingkaran
73. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #31 | Menghitung Luas Belah Ketupat
74. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #32 | Konversi Suhu Celcius
75. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #33 | Konversi Desimal ke Biner
76. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #34 | Konversi Biner ke Desimal
77. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #35 | Cek Bilangan Prima
78. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #36 | Mencari Akar Persamaan Kuadrat
79. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #37 | Menghitung Gaji Karyawan
80. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #38 | Membuat Menu Berulang
81. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #39 | Menampilkan Biodata Mahasiswa
82. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #40 | Menghitung Diskon Potongan Harga
83. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #41 | Cek Tahun Kabisat
84. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #42 | Menentukan Nama Hari
85. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #43 | Menentukan Nama Bulan
86. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #44 | Menghitung Jumlah Huruf Vokal
87. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #45 | Penjumlahan Array
88. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #46 | Pencarian Data Array (Searching)
89. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #47 | Mencari Nilai Terbesar Array
90. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #48 | Mencari Nilai Terkecil Array
91. Memahami Konsep Inheritance (Pewarisan) Dalam Java
92. Mengenal Encapsulation dalam Java
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!