Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #14 | Pengertian dan Fungsi Perintah Final
Robert Saputra
10 Mei 2023
final
dalam Bahasa Pemrograman JavaPerintah final
adalah salah satu konsep penting dalam bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk memberi tahu bahwa elemen yang diberi label sebagai final
bersifat konstan atau tidak dapat diubah setelah inisialisasi. Artikel ini akan membahas pengertian, konsep, dan fungsi dari perintah final
dalam Java, serta memberikan contoh penggunaan dan outputnya.
final
Perintah final
digunakan untuk mendefinisikan elemen-elemen yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah setelah inisialisasi. Elemen-elemen ini bisa berupa variabel, metode, atau kelas. Penggunaan perintah final
mengindikasikan bahwa elemen tersebut tidak dapat di-override (untuk metode) atau tidak dapat diubah nilainya (untuk variabel). Dalam konteks kelas, kelas yang diberi label sebagai final
tidak dapat diwariskan.
final
Konsep dasar penggunaan perintah final
adalah sebagai berikut:
Variabel Final: Variabel yang diberi label sebagai final
adalah konstan yang nilainya tidak dapat diubah setelah inisialisasi. Variabel final
biasanya digunakan untuk menyimpan nilai yang bersifat tetap, seperti konstanta matematis.
Metode Final: Metode yang diberi label sebagai final
tidak dapat di-override oleh kelas anak. Ini memastikan bahwa implementasi metode tersebut tidak dapat diubah oleh kelas anak.
Kelas Final: Kelas yang diberi label sebagai final
tidak dapat diwariskan oleh kelas lain. Ini berarti kelas final
tidak dapat memiliki subkelas.
final
Fungsi utama dari perintah final
dalam Java adalah:
Menyatakan Konstanta: Variabel final
digunakan untuk menyatakan konstanta yang nilainya tetap dan tidak dapat diubah.
Menghindari Override: Metode final
digunakan untuk menghindari perubahan implementasi metode oleh kelas anak. Ini berguna ketika implementasi metode sudah benar-benar selesai dan tidak boleh diubah.
Mengamankan Kelas: Kelas final
digunakan untuk mengamankan kelas sehingga tidak dapat diwariskan oleh kelas lain. Ini berguna untuk menghindari modifikasi yang tidak diinginkan.
final
class MathConstants {
final double PI = 3.14159265359; // Variabel final (konstanta)
void hitungLuasLingkaran(double jariJari) {
double luas = PI * jariJari;
System.out.println("Luas Lingkaran: " + luas);
}
}
public class Main {
public static void main(String[] args) {
MathConstants math = new MathConstants();
math.hitungLuasLingkaran(5);
// math.PI = 3.14; // Error: Tidak dapat mengubah nilai variabel final
}
}
Output:
Luas Lingkaran: 78.53981633975
Dalam contoh di atas, variabel PI
diberi label sebagai final
, sehingga nilainya tidak dapat diubah setelah inisialisasi. Variabel PI
digunakan untuk menyimpan nilai konstan Pi.
class Vehicle {
void start() {
System.out.println("Kendaraan mulai berjalan.");
}
final void stop() {
System.out.println("Kendaraan berhenti.");
}
}
class Car extends Vehicle {
@Override
void start() {
System.out.println("Mobil mulai berjalan.");
}
// Error: Tidak dapat meng-override metode final stop()
// void stop() {
// System.out.println("Mobil berhenti.");
// }
}
Dalam contoh di atas, metode stop()
dalam kelas Vehicle
diberi label sebagai final
, sehingga tidak dapat di-override oleh kelas anak seperti Car
. Namun, metode start()
dapat di-override.
final class Circle {
double radius;
Circle(double radius) {
this.radius = radius;
}
double hitungLuas() {
return Math.PI * radius * radius;
}
}
// Error: Tidak dapat meng-extends kelas final Circle
// class Cylinder extends Circle {
// double tinggi;
// Cylinder(double radius, double tinggi) {
// super(radius);
// this.tinggi = tinggi;
// }
// double hitungVolume() {
// return hitungLuas() * tinggi;
// }
// }
Dalam contoh di atas, kelas Circle
diberi label sebagai final
, sehingga tidak dapat diwariskan oleh kelas lain seperti Cylinder
.
Perintah final
adalah alat yang berguna dalam Java untuk mendefinisikan konstanta, mengamankan metode yang tidak boleh diubah, dan mengamankan kelas agar tidak dapat diwariskan. Ini membantu dalam pembuatan kode yang lebih aman dan konsisten.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #01 | Apa Itu Java dan Sejarah Singkatnya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #02 | Pengertian dan Keunggulan Java
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #03 | Pengertian JVM (Java Virtual Machine) dan fungsinya
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #04 | Pengertian JRE dan JDK
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #05 | Cara Menginstall Java JDK (Java Development Kit)
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #06 | Mengatur Setting Path untuk Java JDK
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #07 | Cara Menjalankan kode Program Java
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #08 | Melihat Pesan Error Kode Program Java
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #09 | Cara Menjalankan Java dari Notepad++
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #10 | Struktur Dasar Kode Program Bahasa Pemrograman Java
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #11 | Aturan Dasar Penulisan Kode Java
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #12 | Pengertian dan Cara Penulisan Variabel Bahasa Java
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #13 | Pengertian dan Cara Pembuatan Konstanta Bahasa Java
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #14 | Cara Menampilkan Teks di Bahasa Java
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #15 | Jenis-Jenis Tipe Data dalam Bahasa Java
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #16 | Tipe Data Integer Bahasa Pemrograman Java
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #17 | Tipe Data Float dan Double Bahasa Pemrograman Java
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #18 | Tipe Data Boolean Bahasa Pemrograman Java
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #19 | Tipe Data Char Bahasa Pemrograman Java
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #20 | Tipe Data String Bahasa Pemrograman Java
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #21 | Tipe Data Array
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #22 | Jenis-jenis Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #23 | Jenis-jenis Operator Aritmatika
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #24 | Cara Menampilkan Teks
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #25 | Jenis-jenis Operator Perbandingan / Relasional
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #26 | Jenis-jenis Operator Logika
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #27 | Jenis-jenis Operator Bitwise
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #28 | Jenis-jenis Operator Assignment
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #29 | Tipe Percabangan Kondisi IF
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #30 | Percabangan Kondisi IF ELSE
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #31 | Percabangan Kondisi IF ELSE IF
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #32 | Percabangan Kondisi Switch Case Bahasa Java
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #33 | Perulangan FOR Bahasa Java
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #34 | Perulangan WHILE Bahasa Java
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #35 | Perulangan DO WHILE Bahasa Java
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #36 | Fungsi dan Pengertian Perintah BREAK
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #37 | Fungsi dan Pengertian Perintah CONTINUE
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #38 | Jenis-jenis Operator Assignment
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #39 | Pengertian Function (Fungsi) Bahasa Java
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #40 | Pengertian Parameter dan Argumen Fungsi Java
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #41 | Fungsi Perintah Return dalam Function
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Java #42 | Pengertian Variable Scope
43. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #01 | Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek
44. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #02 | Pengertian Class, Object, Property dan Method
45. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #03 | Cara Membuat Class dan Object
46. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #04 | Istilah Property
47. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #05 | Cara Membuat Method Bahasa Java
48. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #06 | Pengertian Constructor
49. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #07 | Cara Membuat Pewarisan Class (Inheritance)
50. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #08 | Cara Membuat Multiple Inheritance
51. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #09 | Pengertian Method Overidding
52. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #10 | Pengertian Method Overloading
53. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #11 | Pengertian dan Fungsi Perintah super
54. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #12 | Pengertian dan Fungsi Perintah this
55. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #13 | Pengertian dan Fungsi Perintah static
56. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #14 | Pengertian dan Fungsi Perintah Final
57. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #15 | Cara Membuat Package dan Proses Import
58. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #16 | Cara Mengakses Class Pada Package Yang Sama
59. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #17 | Memahami Batasan Hak Akses (access modifier)
60. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #18 | Batasan Hak Akses Private
61. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #19 | Batasan Hak Akses Public
62. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #20 | Batasan Hak Akses Default
63. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #21 | Batasan Hak Akses Protected
64. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #22 | Membuat Setter dan Getter
65. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #23 | Pengertian Encapsulation Java
66. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #24 | Pengertian Polymorphism Java
67. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #25 | Pengertian Abstract Class
68. Belajar OOP Bahasa Pemrogaman Java #26 | Pengertian Interface Class
69. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #27 | Pola Persegi Bintang
70. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #28 | Pola Persegi Panjang Bintang
71. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #29 | Pola Segitiga
72. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #30 | Menghitung Luas Lingkaran
73. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #31 | Menghitung Luas Belah Ketupat
74. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #32 | Konversi Suhu Celcius
75. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #33 | Konversi Desimal ke Biner
76. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #34 | Konversi Biner ke Desimal
77. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #35 | Cek Bilangan Prima
78. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #36 | Mencari Akar Persamaan Kuadrat
79. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #37 | Menghitung Gaji Karyawan
80. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #38 | Membuat Menu Berulang
81. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #39 | Menampilkan Biodata Mahasiswa
82. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #40 | Menghitung Diskon Potongan Harga
83. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #41 | Cek Tahun Kabisat
84. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #42 | Menentukan Nama Hari
85. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #43 | Menentukan Nama Bulan
86. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #44 | Menghitung Jumlah Huruf Vokal
87. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #45 | Penjumlahan Array
88. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #46 | Pencarian Data Array (Searching)
89. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #47 | Mencari Nilai Terbesar Array
90. Latihan Kode Bahasa Pemrogaman Java #48 | Mencari Nilai Terkecil Array
91. Memahami Konsep Inheritance (Pewarisan) Dalam Java
92. Mengenal Encapsulation dalam Java
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!