Belajar Typescript #38 | Object dan Properti dari sebuah class
Robert Saputra
28 Februari 2023
Dalam TypeScript, Anda dapat membuat objek dari sebuah class, mengakses properti pada objek tersebut, dan juga mengubah nilai properti sesuai kebutuhan. Dalam artikel ini, kami akan menggunakan studi kasus sederhana untuk menjelaskan langkah-langkah tersebut.
Person
Pertama, mari buat sebuah class yang disebut Person
yang memiliki dua properti: name
dan age
. Kemudian, kita akan membuat objek dari class ini dan mengakses serta mengubah properti-propertinya.
class Person {
name: string;
age: number;
constructor(name: string, age: number) {
this.name = name;
this.age = age;
}
sayHello() {
console.log(`Hello, my name is ${this.name} and I'm ${this.age} years old.`);
}
}
Kode di atas mendefinisikan class Person
dengan dua properti: name
dan age
. Terdapat juga method sayHello
yang akan mencetak pesan sapaan.
Sekarang, mari buat objek dari class Person
. Kita akan membuat dua objek, john
dan jane
, yang akan mewakili dua orang dengan nama dan usia yang berbeda.
const john = new Person("John", 30);
const jane = new Person("Jane", 25);
Kode di atas membuat objek john
dan jane
dari class Person
dengan parameter yang sesuai.
Anda dapat mengakses properti dari objek dengan menggunakan operator titik (.
). Misalnya, untuk mengakses nama John, Anda dapat melakukannya seperti ini:
console.log(john.name); // Output: John
console.log(jane.name); // Output: Jane
Untuk mengubah nilai properti, Anda cukup menggunakan operator titik =
untuk menetapkan nilai baru. Contohnya, jika John ulang tahun, Anda dapat mengubah usianya seperti ini:
john.age = 31;
Sekarang, usia John telah diubah menjadi 31.
Selain mengakses dan mengubah properti, Anda juga dapat memanggil method pada objek. Contohnya, Anda dapat memanggil method sayHello
untuk memperkenalkan diri:
john.sayHello(); // Output: Hello, my name is John and I'm 31 years old.
jane.sayHello(); // Output: Hello, my name is Jane and I'm 25 years old.
Dalam TypeScript, Anda dapat membuat objek dari sebuah class, mengakses properti pada objek tersebut, dan mengubah nilai properti sesuai kebutuhan. Studi kasus di atas menunjukkan bagaimana Anda dapat membuat objek dari class Person
, mengakses nama dan usia mereka, mengubah usia, dan memanggil method sayHello
. Dengan pemahaman ini, Anda dapat mengelola objek dengan efisien dalam aplikasi Anda.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Typescript #01 | Memahami apa itu Typescript
2. Belajar Typescript #02 | Setup project Typescript
3. Belajar Typescript #03 | Konfigurasi compiler Typescript
4. Belajar Typescript #04 | Membuat code dan menjalankan Typescript
5. Belajar Typescript #05 | Basic types pada Typescript
6. Belajar Typescript #06 | Type data Boolean pada Typescript
7. Belajar Typescript #07 | Type data Number pada Typescript
8. Belajar Typescript #08 | Type data String pada Typescript
9. Belajar Typescript #09 | Type data Null dan Undefined pada Typescript
10. Belajar Typescript #10 | Type data Any pada Typescript
11. Belajar Typescript #11 | Type data Void pada Typescript
12. Belajar Typescript #12 | Object types pada Typescript
13. Belajar Typescript #13 | Object Literal pada Typescript
14. Belajar Typescript #14 | Type data Void pada Typescript
15. Belajar Typescript #15 Object types pada Typescript
16. Belajar Typescript #16 | Memahami dan menerapkan type aliases
17. Belajar Typescript #17 | Memahami dan menerapkan union types
18. Belajar Typescript #18 | Memahami dan menerapkan intersection types
19. Belajar Typescript #19 | Basic types lanjutan - Array
20. Belajar Typescript #20 | Basic types lanjutan - Tuples
21. Belajar Typescript #21 | Basic types lanjutan - Null
22. Belajar Typescript #22 | Basic types lanjutan - Undefined
23. Belajar Typescript #23 | Basic types lanjutan - Void
24. Belajar Typescript #24 | Basic types lanjutan - Never
25. Belajar Typescript #25 | Mengenal teknik lanjutan pada Typescript
26. Belajar Typescript #26 | Optional Parameter
27. Belajar Typescript #27 | Default Parameter
28. Belajar Typescript #28 | Return Type
29. Belajar Typescript #29 | Mendeklarasikan Fungsi - Tanpa Parameter
30. Belajar Typescript #30 | Mendeklarasikan Fungsi - Dengan Parameter
31. Belajar Typescript #31 | Mendeklarasikan Fungsi - Dengan Return Type
32. Belajar Typescript #32 | Mendeklarasikan Fungsi - Sebagai Variabel
33. Belajar Typescript #33 | Mendeklarasikan Fungsi - Sebagai Tipe Data
34. Belajar Typescript #34 | Function Call Signature
35. Belajar Typescript #35 | Menerapkan Types ke dalam class
36. Belajar Typescript #36 | Class declaration
37. Belajar Typescript #37 | Properties dan Methods
38. Belajar Typescript #38 | Object dan Properti dari sebuah class
39. Belajar Typescript #39 | Constructor
40. Belajar Typescript #40 | Konsep OOP - Inheritance
41. Belajar Typescript #41 | Konsep OOP - Abstraction
42. Belajar Typescript #42 | Konsep OOP - Encapsulation
43. Belajar Typescript #43 | Accessors
44. Belajar Typescript #44 | Member visibility / Access modifier
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!