Dalam pemrograman TypeScript, accessors adalah metode khusus yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengubah nilai properti objek. Accessors digunakan untuk memberikan kontrol lebih lanjut atas akses ke properti dan memungkinkan Anda untuk menjalankan logika tambahan saat membaca atau menulis nilai properti. Artikel ini akan menjelaskan konsep accessors dalam TypeScript, bagaimana cara menggunakan mereka, dan mengapa mereka berguna dalam pengembangan aplikasi.
Accessors adalah metode yang digunakan untuk mengontrol akses ke nilai properti dalam sebuah class. Mereka terdiri dari dua jenis:
Accessors digunakan untuk mengatur kontrol ekstra saat nilai properti dibaca atau ditulis. Dengan accessors, Anda dapat melakukan validasi, perhitungan, atau logika tambahan saat mengakses atau mengubah nilai properti.
Untuk mendefinisikan getter, Anda menggunakan kata kunci get
diikuti oleh nama getter. Getter tidak memiliki parameter dan mengembalikan nilai. Berikut adalah contoh penggunaan getter dalam TypeScript:
class Circle {
private _radius: number;
constructor(radius: number) {
this._radius = radius;
}
get radius(): number {
return this._radius;
}
}
Dalam contoh di atas, kita memiliki class Circle
dengan getter radius
. Getter ini memungkinkan kita untuk membaca nilai _radius
dengan cara yang terkontrol.
Setter digunakan untuk mengubah nilai properti dan memungkinkan Anda untuk melakukan validasi atau logika tambahan saat pengubahan nilai. Untuk mendefinisikan setter, Anda menggunakan kata kunci set
diikuti oleh nama setter dan parameter yang akan menerima nilai yang akan diatur. Berikut adalah contoh penggunaan setter dalam TypeScript:
class Circle {
private _radius: number;
constructor(radius: number) {
this._radius = radius;
}
get radius(): number {
return this._radius;
}
set radius(value: number) {
if (value >= 0) {
this._radius = value;
} else {
console.error("Radius must be a non-negative number.");
}
}
}
Dalam contoh di atas, setter radius
memeriksa apakah nilai yang diberikan adalah non-negatif sebelum mengubah nilai _radius
.
Anda dapat menggunakan getter dan setter untuk mengakses dan mengubah nilai properti dengan cara yang mirip dengan properti biasa:
const myCircle = new Circle(5);
console.log(myCircle.radius); // Menggunakan getter, output: 5
myCircle.radius = 7; // Menggunakan setter
console.log(myCircle.radius); // Menggunakan getter, output: 7
myCircle.radius = -1; // Menggunakan setter, akan mencetak pesan kesalahan
Accessors adalah alat penting dalam TypeScript yang memungkinkan Anda untuk mengontrol akses ke nilai properti objek dan menjalankan logika tambahan saat membaca atau menulis nilai properti. Dengan penggunaan yang tepat, getter dan setter memungkinkan Anda untuk memastikan data yang aman dan valid dalam aplikasi Anda, serta memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan nilai properti.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Typescript #01 | Memahami apa itu Typescript
2. Belajar Typescript #02 | Setup project Typescript
3. Belajar Typescript #03 | Konfigurasi compiler Typescript
4. Belajar Typescript #04 | Membuat code dan menjalankan Typescript
5. Belajar Typescript #05 | Basic types pada Typescript
6. Belajar Typescript #06 | Type data Boolean pada Typescript
7. Belajar Typescript #07 | Type data Number pada Typescript
8. Belajar Typescript #08 | Type data String pada Typescript
9. Belajar Typescript #09 | Type data Null dan Undefined pada Typescript
10. Belajar Typescript #10 | Type data Any pada Typescript
11. Belajar Typescript #11 | Type data Void pada Typescript
12. Belajar Typescript #12 | Object types pada Typescript
13. Belajar Typescript #13 | Object Literal pada Typescript
14. Belajar Typescript #14 | Type data Void pada Typescript
15. Belajar Typescript #15 Object types pada Typescript
16. Belajar Typescript #16 | Memahami dan menerapkan type aliases
17. Belajar Typescript #17 | Memahami dan menerapkan union types
18. Belajar Typescript #18 | Memahami dan menerapkan intersection types
19. Belajar Typescript #19 | Basic types lanjutan - Array
20. Belajar Typescript #20 | Basic types lanjutan - Tuples
21. Belajar Typescript #21 | Basic types lanjutan - Null
22. Belajar Typescript #22 | Basic types lanjutan - Undefined
23. Belajar Typescript #23 | Basic types lanjutan - Void
24. Belajar Typescript #24 | Basic types lanjutan - Never
25. Belajar Typescript #25 | Mengenal teknik lanjutan pada Typescript
26. Belajar Typescript #26 | Optional Parameter
27. Belajar Typescript #27 | Default Parameter
28. Belajar Typescript #28 | Return Type
29. Belajar Typescript #29 | Mendeklarasikan Fungsi - Tanpa Parameter
30. Belajar Typescript #30 | Mendeklarasikan Fungsi - Dengan Parameter
31. Belajar Typescript #31 | Mendeklarasikan Fungsi - Dengan Return Type
32. Belajar Typescript #32 | Mendeklarasikan Fungsi - Sebagai Variabel
33. Belajar Typescript #33 | Mendeklarasikan Fungsi - Sebagai Tipe Data
34. Belajar Typescript #34 | Function Call Signature
35. Belajar Typescript #35 | Menerapkan Types ke dalam class
36. Belajar Typescript #36 | Class declaration
37. Belajar Typescript #37 | Properties dan Methods
38. Belajar Typescript #38 | Object dan Properti dari sebuah class
39. Belajar Typescript #39 | Constructor
40. Belajar Typescript #40 | Konsep OOP - Inheritance
41. Belajar Typescript #41 | Konsep OOP - Abstraction
42. Belajar Typescript #42 | Konsep OOP - Encapsulation
43. Belajar Typescript #43 | Accessors
44. Belajar Typescript #44 | Member visibility / Access modifier
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!