Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#
Edo Kurniawan
24 Maret 2023
Struktur eksekusi sekuensial adalah konsep fundamental dalam bahasa pemrograman, termasuk C#. Ini mengacu pada cara program dieksekusi secara berurutan, mulai dari awal hingga akhir. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut tentang struktur eksekusi sekuensial dalam bahasa pemrograman C#.
Dalam bahasa pemrograman C#, program dieksekusi dari atas ke bawah, dari awal hingga akhir. Artinya, kode program dijalankan secara berurutan sesuai dengan urutan yang ditentukan oleh kode tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa pernyataan atau instruksi dalam method Main
, mereka akan dieksekusi satu per satu sesuai dengan urutan penempatannya dalam method.
Contoh sederhana:
public static void Main()
{
Console.WriteLine("Langkah 1");
Console.WriteLine("Langkah 2");
Console.WriteLine("Langkah 3");
}
Kode di atas akan mencetak pesan "Langkah 1", "Langkah 2", dan "Langkah 3" secara berurutan ke konsol.
Meskipun eksekusi sekuensial adalah konsep dasar, dalam C# Anda memiliki berbagai cara untuk mengontrol aliran eksekusi program. Beberapa kontrol aliran yang umum digunakan meliputi:
Percabangan (Branching): Dengan menggunakan pernyataan seperti if
, else
, dan switch
, Anda dapat mengarahkan aliran program berdasarkan kondisi tertentu. Contohnya, Anda dapat memilih tindakan yang berbeda tergantung pada nilai variabel.
if (nilai > 10)
{
Console.WriteLine("Nilai lebih besar dari 10");
}
else
{
Console.WriteLine("Nilai kurang dari atau sama dengan 10");
}
for
, while
, atau do-while
, Anda dapat mengulangi sejumlah pernyataan atau tindakan sampai kondisi tertentu terpenuhi.
for (int i = 0; i < 5; i++)
{
Console.WriteLine("Iterasi ke-" + i);
}
Main
, yang dapat mengubah aliran eksekusi program. Ini memungkinkan Anda untuk mengorganisasi kode ke dalam blok-blok terpisah dengan fungsi yang berbeda.
public static void Main()
{
LangkahSatu();
LangkahDua();
LangkahTiga();
}
public static void LangkahSatu()
{
Console.WriteLine("Langkah 1");
}
public static void LangkahDua()
{
Console.WriteLine("Langkah 2");
}
public static void LangkahTiga()
{
Console.WriteLine("Langkah 3");
}
Ketika sebuah program berjalan, terkadang kesalahan atau pengecualian (exception) dapat terjadi. Dalam C#, Anda dapat menggunakan penanganan pengecualian (exception handling) untuk mengelola kesalahan ini dan mengubah aliran eksekusi program jika terjadi masalah.
Contoh:
try
{
// Kode yang mungkin menyebabkan pengecualian
}
catch (Exception ex)
{
// Penanganan pengecualian
Console.WriteLine("Terjadi kesalahan: " + ex.Message);
}
Dengan menggunakan blok try-catch
, Anda dapat menghindari program dari berhenti secara mendadak ketika terjadi kesalahan.
Struktur eksekusi sekuensial adalah konsep dasar dalam bahasa pemrograman C#. Program C# dieksekusi dari awal ke akhir, satu pernyataan setelah yang lain. Namun, dengan menggunakan kontrol aliran seperti percabangan, pengulangan, pemanggilan method, dan penanganan pengecualian, Anda dapat mengubah aliran eksekusi program sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini adalah dasar yang penting untuk memahami bagaimana program C# beroperasi dan bagaimana Anda dapat mengontrolnya untuk mencapai tujuan Anda dalam pengembangan perangkat lunak.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#
43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi
44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi
45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game
46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method
47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void
48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data
49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method
50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method
51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter
52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game
53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP
54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object
55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor
56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor
57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier
58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field
59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property
60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance
61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism
62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game
63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling
64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch
65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!