Install Web App

Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method

profil-penulis

Achmad Yoga Bactiar Teguh Suseno

31 Maret 2023

Menyederhanakan Definisi Method dengan Expression-Bodied Member pada Bahasa Pemrograman C#

Expression-Bodied Member adalah fitur dalam bahasa pemrograman C# yang memungkinkan Anda untuk menyederhanakan definisi method dan properti dengan menggunakan ekspresi singkat. Ini membuat kode lebih bersih dan lebih mudah dibaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat menggunakan Expression-Bodied Member untuk menyederhanakan definisi method dalam C#.

Definisi Biasa vs. Expression-Bodied Member

Pertama, mari lihat perbedaan antara definisi biasa dan Expression-Bodied Member dalam C#.

Definisi Biasa:

public int Penjumlahan(int a, int b)
{
    int hasil = a + b;
    return hasil;
}

Expression-Bodied Member:

public int Penjumlahan(int a, int b) => a + b;

Dalam Expression-Bodied Member, kita hanya menggunakan => untuk menggantikan blok kode dan kata kunci return. Ini membuat definisi method menjadi lebih singkat dan mudah dibaca.

Cara Menggunakan Expression-Bodied Member

Untuk menggunakan Expression-Bodied Member, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulai dengan definisi method biasa.

  2. Hapus blok kode dan kata kunci return.

  3. Gantilah dengan => diikuti oleh ekspresi yang akan mengembalikan nilai.

Contoh penggunaan Expression-Bodied Member dalam method:

public int Penjumlahan(int a, int b) => a + b;

Expression-Bodied Member tidak hanya berlaku untuk method, tetapi juga bisa digunakan untuk properti, operator, dan beberapa jenis deklarasi lainnya.

Keuntungan Expression-Bodied Member

Penggunaan Expression-Bodied Member memberikan beberapa keuntungan:

  1. Kode yang lebih singkat: Ini membuat kode program Anda lebih ringkas, karena Anda tidak perlu menulis kata kunci return atau blok kode yang lebih besar.

  2. Membuat kode lebih mudah dibaca: Kode yang lebih pendek dan bersih dapat membuat kode lebih mudah dibaca dan memahami.

  3. Mempermudah penulisan properti read-only: Expression-Bodied Member adalah pilihan yang baik untuk properti read-only, seperti get tanpa blok kode tambahan.

Kesimpulan

Expression-Bodied Member adalah fitur yang berguna dalam bahasa C# yang memungkinkan Anda untuk menyederhanakan definisi method (dan properti) dengan menggunakan ekspresi singkat. Ini membantu Anda membuat kode yang lebih bersih, lebih singkat, dan lebih mudah dibaca. Dengan memahami cara menggunakan Expression-Bodied Member, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam pengembangan perangkat lunak dengan bahasa C#.

Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :


1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya

2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?

3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#

4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama

5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#

6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#

7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print

8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar

9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#

10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel

11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data

12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel

13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#

14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String

15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input

16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting

17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math

18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game

19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator

20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator

21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator

22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator

23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator

24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=

25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game

26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting

27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement

28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement

29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator

30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang

31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If

32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement

33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang

34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game

35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array

36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array

37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array

38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan

39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi

41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#

43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi

44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi

45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game

46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method

47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void

48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data

49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method

50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method

51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter

52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game

53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP

54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object

55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor

56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor

57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier

58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field

59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property

60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance

61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism

62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game

63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling

64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch

65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception

Masuk Terlebih dahulu untuk berkomentar

Paling baru
Lihat Lainnya