Install Web App

Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game

profil-penulis

Achmad Yoga Bactiar Teguh Suseno

29 Maret 2023

Studi Kasus: Penggunaan Pengkondisian dalam Pembuatan Game

Penggunaan pengkondisian adalah bagian kunci dalam pembuatan game untuk mengontrol alur permainan dan perilaku elemen-elemen dalam game. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa studi kasus tentang bagaimana pengkondisian digunakan dalam berbagai aspek pembuatan game tanpa memberikan contoh kode.

1. Kontrol Karakter Pemain

Pengkondisian digunakan untuk mengontrol pergerakan dan perilaku karakter pemain dalam game. Ini termasuk mengendalikan gerakan karakter, seperti bergerak maju, mundur, melompat, atau berlari, berdasarkan masukan pemain melalui keyboard, mouse, atau perangkat gamepad. Selain itu, pengkondisian digunakan untuk menangani tindakan seperti menembak, menghindari rintangan, atau berinteraksi dengan objek dalam permainan.

2. Logika Musuh dan KI (Kecerdasan Buatan)

Dalam game, musuh atau karakter non-pemain (NPC) sering memiliki perilaku yang dikendalikan oleh Kecerdasan Buatan (KI). Pengkondisian digunakan untuk mengatur perilaku musuh berdasarkan situasi dalam game. Misalnya, musuh mungkin mengejar pemain jika pemain terlalu dekat, atau musuh mungkin menghindari pemain jika pemain terlalu kuat. KI ini membantu menciptakan tantangan yang menarik dalam permainan.

3. Perubahan Lingkungan

Dalam beberapa game, lingkungan dapat berubah seiring berjalannya permainan. Pengkondisian digunakan untuk mengendalikan perubahan ini. Contoh kasusnya adalah perubahan cuaca, siklus siang-malam, atau pengaktifan jalan pintas dalam level tertentu. Pengkondisian juga dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan elemen lingkungan seperti perangkap, jembatan, atau portal.

4. Tantangan dan Puzzles

Game sering kali menciptakan tantangan dan teka-teki untuk pemain. Pengkondisian digunakan untuk menentukan kapan teka-teki harus dihadapi dan bagaimana mereka dapat diselesaikan. Contoh termasuk membuka pintu setelah menyelesaikan teka-teki tertentu atau mengaktifkan serangkaian peristiwa untuk menyelesaikan sebuah tantangan.

5. Penyimpanan Progress dan Checkpoints

Game biasanya memiliki sistem penyimpanan progress dan titik kontrol. Pengkondisian digunakan untuk menentukan kapan pemain dapat menyimpan permainan dan di mana titik kontrol harus ditempatkan. Selain itu, pengkondisian juga digunakan untuk mengatur peraturan terkait penyimpanan permainan, seperti frekuensi penyimpanan atau batasan penyimpanan selama pertarungan.

6. Pertarungan Bos dan Event Khusus

Dalam banyak game, ada pertarungan bos atau peristiwa khusus yang menandai puncak cerita. Pengkondisian digunakan untuk mengatur kapan dan bagaimana pertarungan bos terjadi. Selain itu, pengkondisian digunakan untuk mengontrol tingkat kesulitan pertarungan dan tindakan khusus yang dapat digunakan oleh bos.

7. Interaksi Dialog dan Cerita

Dalam game dengan elemen cerita yang kuat, pengkondisian digunakan untuk mengatur bagaimana dialog berlangsung dan cerita berkembang. Ini mencakup berbagai hasil dialog berdasarkan pilihan pemain, percabangan cerita, dan pengungkapan informasi berdasarkan progres pemain dalam permainan.

Dalam pembuatan game, penggunaan yang bijak dari pengkondisian sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan bermain yang baik. Hal ini membantu menciptakan dinamika permainan, tingkat kesulitan yang tepat, dan perasaan imersi yang mendalam bagi pemain.

Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :


1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya

2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?

3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#

4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama

5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#

6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#

7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print

8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar

9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#

10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel

11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data

12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel

13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#

14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String

15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input

16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting

17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math

18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game

19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator

20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator

21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator

22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator

23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator

24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=

25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game

26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting

27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement

28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement

29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator

30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang

31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If

32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement

33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang

34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game

35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array

36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array

37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array

38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan

39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi

41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#

43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi

44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi

45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game

46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method

47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void

48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data

49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method

50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method

51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter

52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game

53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP

54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object

55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor

56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor

57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier

58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field

59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property

60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance

61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism

62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game

63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling

64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch

65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception

Masuk Terlebih dahulu untuk berkomentar

Paling baru
Lihat Lainnya