Console.WriteLine()
dalam Bahasa Pemrograman C#Salah satu hal yang paling penting dalam pengembangan perangkat lunak adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan pengguna dan melihat hasil dari program. Dalam bahasa pemrograman C#, Anda dapat mencapai ini dengan menggunakan fungsi Console.WriteLine()
. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fungsi ini untuk menampilkan hasil dalam program C#.
Console.WriteLine()
?Console.WriteLine()
adalah sebuah method bawaan (built-in method) dalam bahasa C# yang digunakan untuk mencetak teks atau nilai ke konsol. Ini adalah cara paling umum untuk melihat hasil dari program Anda saat menjalankan program C# di lingkungan konsol.
Berikut adalah contoh penggunaan dasar dari Console.WriteLine()
:
using System;
class Program
{
public static void Main()
{
Console.WriteLine("Hello, World!");
}
}
Dalam contoh di atas, kita menggunakan Console.WriteLine()
untuk mencetak pesan "Hello, World!" ke konsol saat program dijalankan. Perhatikan bahwa kita harus mengimpor namespace System
untuk menggunakan Console
.
Selain mencetak teks statis, Anda juga dapat menggunakan Console.WriteLine()
untuk menampilkan nilai dari variabel. Misalnya:
int angka = 42;
string pesan = "Halo, Dunia!";
Console.WriteLine("Nilai angka adalah: " + angka);
Console.WriteLine("Pesan adalah: " + pesan);
Dalam contoh di atas, kita menggabungkan teks statis dengan nilai variabel menggunakan operator +
.
Anda juga dapat menampilkan hasil ekspresi matematika atau perhitungan menggunakan Console.WriteLine()
. Misalnya:
int angka1 = 10;
int angka2 = 20;
int hasilTambah = angka1 + angka2;
Console.WriteLine("Hasil penjumlahan adalah: " + hasilTambah);
Dalam contoh di atas, kita menghitung jumlah angka1
dan angka2
, lalu mencetak hasilnya ke konsol.
Anda dapat memformat tampilan hasil dengan lebih baik menggunakan {}
sebagai tempat penampung (placeholder) untuk nilai yang akan dicetak. Misalnya:
string nama = "John";
int usia = 30;
Console.WriteLine("Nama: {0}, Usia: {1}", nama, usia);
Dalam contoh ini, kita menggunakan {0}
dan {1}
sebagai tempat penampung untuk nilai nama
dan usia
, yang akan digantikan saat program dijalankan.
C# juga mendukung karakter escape dalam string yang dihasilkan oleh Console.WriteLine()
. Misalnya, \n
digunakan untuk membuat baris baru, dan \t
digunakan untuk membuat tab.
Console.WriteLine("Baris pertama.\nBaris kedua.");
Console.WriteLine("Kolom 1\tKolom 2");
Fungsi Console.WriteLine()
adalah cara yang sangat berguna untuk menampilkan hasil dalam program C#. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk mencetak teks statis, nilai variabel, hasil ekspresi, dan bahkan mengatur format tampilan hasil. Ini adalah alat penting dalam pengembangan perangkat lunak yang membantu Anda berkomunikasi dengan pengguna dan memonitor kinerja program Anda.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#
43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi
44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi
45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game
46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method
47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void
48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data
49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method
50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method
51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter
52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game
53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP
54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object
55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor
56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor
57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier
58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field
59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property
60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance
61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism
62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game
63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling
64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch
65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!