Install Web App

Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi

profil-penulis

Achmad Yoga Bactiar Teguh Suseno

30 Maret 2023

Mendeklarasikan dan Menginisialisasi Array Dua Dimensi serta Mengakses Elemen pada Bahasa Pemrograman C#

Array dua dimensi adalah struktur data yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data dalam bentuk matriks dua dimensi, dengan baris dan kolom. Dalam bahasa pemrograman C#, Anda dapat mendeklarasikan, menginisialisasi, dan mengakses elemen-elemen array dua dimensi dengan mudah. Artikel ini akan membantu Anda memahami cara melakukannya.

Mendeklarasikan dan Menginisialisasi Array Dua Dimensi

Anda dapat mendeklarasikan dan menginisialisasi array dua dimensi dalam satu langkah. Ini melibatkan menyediakan tipe data elemen dan nilai awal untuk setiap elemen dalam array. Berikut adalah sintaks deklarasi dan inisialisasi array dua dimensi:

tipe_data[,] nama_array = {
    { nilai1, nilai2, nilai3 },
    { nilai4, nilai5, nilai6 },
    // dan seterusnya
};

Contoh deklarasi dan inisialisasi array dua dimensi:

int[,] matriks = {
    { 1, 2, 3 },
    { 4, 5, 6 },
    { 7, 8, 9 }
};

Dalam contoh di atas, kita mendeklarasikan dan menginisialisasi array dua dimensi matriks dengan nilai-nilai awal.

Mengakses Elemen Array Dua Dimensi

Anda dapat mengakses elemen-elemen array dua dimensi dengan menggunakan dua indeks, satu untuk baris dan satu untuk kolom. Indeks dimulai dari 0. Berikut adalah contoh penggunaan:

int[,] matriks = {
    { 1, 2, 3 },
    { 4, 5, 6 },
    { 7, 8, 9 }
};

int elemen = matriks[1, 2]; // Mengakses elemen di baris 1 dan kolom 2 (nilai 6)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan indeks [1, 2] untuk mengakses elemen di baris 1 dan kolom 2, yang memiliki nilai 6.

Mengubah Nilai Elemen Array Dua Dimensi

Anda juga dapat mengubah nilai elemen dalam array dua dimensi dengan menggunakan indeks. Berikut adalah contoh penggunaan:

int[,] matriks = {
    { 1, 2, 3 },
    { 4, 5, 6 },
    { 7, 8, 9 }
};

matriks[0, 1] = 10; // Mengubah nilai elemen di baris 0 dan kolom 1 menjadi 10

Dalam contoh di atas, kita menggunakan indeks [0, 1] untuk mengubah nilai elemen di baris 0 dan kolom 1.

Kesimpulan

Mendeklarasikan, menginisialisasi, mengakses, dan mengubah elemen dalam array dua dimensi adalah tugas dasar dalam pemrograman C#. Dengan pemahaman tentang cara melakukannya, Anda dapat dengan mudah mengelola data dalam format matriks dua dimensi dalam berbagai aplikasi pemrograman, seperti pemrosesan gambar, pemodelan data, dan banyak lagi.

 

Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :


1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya

2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?

3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#

4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama

5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#

6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#

7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print

8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar

9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#

10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel

11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data

12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel

13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#

14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String

15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input

16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting

17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math

18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game

19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator

20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator

21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator

22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator

23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator

24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=

25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game

26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting

27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement

28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement

29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator

30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang

31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If

32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement

33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang

34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game

35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array

36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array

37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array

38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan

39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi

41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#

43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi

44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi

45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game

46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method

47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void

48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data

49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method

50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method

51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter

52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game

53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP

54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object

55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor

56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor

57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier

58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field

59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property

60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance

61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism

62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game

63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling

64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch

65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception

Masuk Terlebih dahulu untuk berkomentar

Paling baru
Lihat Lainnya