Install Web App

Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement

profil-penulis

Muhammad Rafitulloh Nur Ramadhani

29 Maret 2023

Pernyataan "Switch" dalam Bahasa Pemrograman C#

Pernyataan "switch" adalah pernyataan pengkondisian yang digunakan dalam bahasa pemrograman C# untuk memeriksa nilai dari ekspresi tertentu dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai tersebut. Ini merupakan alat yang berguna ketika Anda perlu membandingkan suatu ekspresi dengan beberapa nilai yang berbeda dan menjalankan kode yang sesuai dengan nilai yang cocok. Artikel ini akan menjelaskan konsep pernyataan "switch" dan memberikan beberapa contoh penggunaannya dalam bahasa pemrograman C#.

Apa Itu Pernyataan "Switch"?

Pernyataan "switch" digunakan untuk memeriksa ekspresi (biasanya sebuah variabel atau ekspresi yang mengembalikan nilai) terhadap sejumlah kasus atau nilai yang berbeda. Jika ekspresi sesuai dengan salah satu kasus, blok kode yang sesuai dengan kasus tersebut akan dieksekusi. Ini adalah cara yang efisien untuk menggantikan sejumlah pernyataan "if-else if" yang mungkin berulang-ulang.

Contoh Penggunaan Pernyataan "Switch" dalam Bahasa Pemrograman C#

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan pernyataan "switch" dalam bahasa pemrograman C#:

Contoh 1: Menilai Hari dalam Seminggu

int hari = 3;
string namaHari;

switch (hari)
{
    case 1:
        namaHari = "Minggu";
        break;
    case 2:
        namaHari = "Senin";
        break;
    case 3:
        namaHari = "Selasa";
        break;
    case 4:
        namaHari = "Rabu";
        break;
    case 5:
        namaHari = "Kamis";
        break;
    case 6:
        namaHari = "Jumat";
        break;
    case 7:
        namaHari = "Sabtu";
        break;
    default:
        namaHari = "Hari tidak valid";
        break;
}

Console.WriteLine("Hari ke-" + hari + " adalah " + namaHari);

Dalam contoh ini, program menilai nilai hari dan membandingkannya dengan beberapa kasus. Jika nilai hari cocok dengan salah satu kasus, blok kode dalam kasus tersebut akan dieksekusi. Jika tidak ada yang cocok, blok kode dalam default akan dieksekusi.

Contoh 2: Menilai Karakter

char karakter = 'a';

switch (karakter)
{
    case 'a':
    case 'A':
        Console.WriteLine("Ini adalah huruf A.");
        break;
    case 'b':
    case 'B':
        Console.WriteLine("Ini adalah huruf B.");
        break;
    default:
        Console.WriteLine("Ini adalah karakter lain.");
        break;
}

Dalam contoh ini, program menilai karakter karakter dan membandingkannya dengan beberapa kasus. Perhatikan bahwa kita juga dapat menggabungkan beberapa kasus dalam satu blok kode jika mereka harus menghasilkan tindakan yang sama.

Contoh 3: Menilai Tipe Buah

string buah = "apel";

switch (buah)
{
    case "apel":
        Console.WriteLine("Ini adalah buah apel.");
        break;
    case "pisang":
        Console.WriteLine("Ini adalah buah pisang.");
        break;
    case "jeruk":
        Console.WriteLine("Ini adalah buah jeruk.");
        break;
    default:
        Console.WriteLine("Ini adalah buah tidak dikenal.");
        break;
}

Dalam contoh ini, program menilai string buah dan membandingkannya dengan beberapa kasus. Ini menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan tipe data string sebagai ekspresi dalam pernyataan "switch".

Kesimpulan

Pernyataan "switch" adalah alat yang berguna dalam bahasa pemrograman C# untuk menguji ekspresi terhadap beberapa kasus atau nilai yang berbeda dan menjalankan kode yang sesuai. Ini membantu mengurangi kompleksitas kode dan membuatnya lebih mudah dibaca dan dipahami, terutama ketika Anda perlu menilai satu variabel terhadap banyak nilai yang berbeda.

Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :


1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya

2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?

3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#

4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama

5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#

6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#

7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print

8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar

9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#

10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel

11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data

12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel

13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#

14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String

15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input

16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting

17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math

18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game

19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator

20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator

21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator

22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator

23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator

24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=

25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game

26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting

27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement

28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement

29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator

30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang

31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If

32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement

33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang

34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game

35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array

36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array

37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array

38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan

39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi

41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi

42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#

43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi

44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi

45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game

46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method

47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void

48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data

49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method

50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method

51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter

52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game

53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP

54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object

55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor

56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor

57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier

58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field

59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property

60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance

61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism

62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game

63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling

64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch

65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception

Masuk Terlebih dahulu untuk berkomentar

Paling baru
Lihat Lainnya