Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance
Achmad Yoga Bactiar Teguh Suseno
03 April 2023
Inheritance adalah salah satu konsep utama dalam pemrograman berbasis objek yang memungkinkan Anda untuk membuat class baru (subclass atau turunan) berdasarkan class yang sudah ada (superclass atau induk). Dengan inheritance, Anda dapat mewarisi sifat dan perilaku dari class yang sudah ada, sehingga mengurangi duplikasi kode dan memungkinkan untuk mengorganisasi kode Anda dengan lebih baik. Artikel ini akan menjelaskan apa itu inheritance dan bagaimana menggunakannya dalam bahasa pemrograman C#.
Inheritance memungkinkan class turunan untuk mewarisi atribut (variabel) dan metode (fungsi) dari class induknya. Ini berarti bahwa class turunan dapat mengakses dan menggunakan atribut dan metode yang sudah didefinisikan dalam class induknya. Dalam konsep inheritance, class yang sudah ada disebut sebagai superclass atau base class, sedangkan class yang baru dibuat yang mewarisi sifat dan perilaku superclasse disebut subclass atau derived class.
Berikut adalah contoh sederhana penggunaan inheritance dalam C#:
public class Vehicle // Base class
{
public string Brand { get; set; }
public int Year { get; set; }
public void StartEngine()
{
Console.WriteLine("Engine started.");
}
}
public class Car : Vehicle // Derived class
{
public int NumWheels { get; set; }
public Car(string brand, int year, int numWheels)
{
Brand = brand;
Year = year;
NumWheels = numWheels;
}
public void Drive()
{
Console.WriteLine("Car is driving.");
}
}
Dalam contoh di atas, Vehicle
adalah superclass yang memiliki atribut Brand
dan Year
, serta metode StartEngine
. Car
adalah subclass yang mewarisi atribut dan metode dari Vehicle
dan menambahkan atribut NumWheels
serta metode Drive
.
Mendefinisikan Superclass (Base Class): Anda harus mendefinisikan class yang akan menjadi superclass atau base class. Ini adalah class yang memiliki atribut dan metode yang akan diwarisi oleh subclass.
Mendefinisikan Subclass (Derived Class): Anda kemudian mendefinisikan class yang akan menjadi subclass atau derived class. Class ini akan mewarisi sifat dan perilaku dari superclass. Anda dapat menggunakan kata kunci : baseclass
untuk menunjukkan superclass yang diwarisi.
Menggunakan Atribut dan Metode: Subclass dapat mengakses atribut dan metode superclass seperti atribut dan metode miliknya sendiri. Anda dapat menggunakan objek subclass untuk mengakses dan menggunakan atribut dan metode dari superclass.
Contoh penggunaan inheritance:
Car myCar = new Car("Toyota", 2022, 4);
myCar.StartEngine(); // Memanggil metode dari superclass
myCar.Drive(); // Memanggil metode dari subclass
Pengurangan Duplikasi Kode: Inheritance memungkinkan Anda untuk berbagi kode antara class, sehingga mengurangi duplikasi kode.
Pengorganisasian Kode: Inheritance membantu dalam mengorganisasi kode Anda dengan cara yang lebih logis. Anda dapat mengelompokkan class berdasarkan hierarki sifat dan perilaku.
Mempermudah Perubahan: Jika Anda perlu mengubah perilaku yang sudah ada, Anda hanya perlu melakukan perubahan di superclass, dan perubahan tersebut akan berdampak pada semua subclass yang mewarisinya.
Penggunaan Kembali Kode: Anda dapat menggunakan kembali class superclass dalam berbagai konteks dengan membuat subclass yang sesuai.
Inheritance adalah konsep utama dalam pemrograman berbasis objek yang memungkinkan class untuk mewarisi atribut dan metode dari class lain. Dengan inheritance, Anda dapat mengorganisasi kode Anda dengan lebih baik, mengurangi duplikasi kode, dan mempermudah perubahan serta penggunaan kembali kode. Dalam bahasa pemrograman C#, Anda dapat mengimplementasikan inheritance dengan mendefinisikan superclass dan subclass, dan menggunakan kata kunci : baseclass
untuk menunjukkan hubungan antara keduanya.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#
43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi
44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi
45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game
46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method
47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void
48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data
49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method
50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method
51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter
52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game
53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP
54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object
55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor
56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor
57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier
58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field
59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property
60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance
61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism
62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game
63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling
64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch
65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!