Dalam bahasa pemrograman C#, Anda dapat menggunakan sejumlah fungsi matematika bawaan dan konstanta matematika untuk melakukan berbagai operasi matematika. Artikel ini akan menjelaskan penggunaan beberapa fungsi matematika yang berguna dan konstanta matematika dalam C#.
Math.Abs()
- Mengambil Nilai MutlakFungsi Math.Abs()
digunakan untuk mengambil nilai mutlak dari suatu bilangan, yaitu bilangan tersebut tanpa tanda negatif.
Contoh:
int angka = -5;
int nilaiMutlak = Math.Abs(angka); // nilaiMutlak akan menjadi 5
Math.Sqrt()
- Mengambil Akar KuadratFungsi Math.Sqrt()
digunakan untuk menghitung akar kuadrat dari suatu bilangan.
Contoh:
double bilangan = 16.0;
double akarKuadrat = Math.Sqrt(bilangan); // akarKuadrat akan menjadi 4.0
Math.Pow()
- Menghitung PangkatFungsi Math.Pow()
digunakan untuk menghitung suatu bilangan pangkat tertentu.
Contoh:
double bilangan = 2.0;
double pangkat = Math.Pow(bilangan, 3); // pangkat akan menjadi 8.0 (2^3)
Math.Round()
- PembulatanFungsi Math.Round()
digunakan untuk membulatkan bilangan desimal ke bilangan bulat terdekat.
Contoh:
double desimal = 3.6;
double bulat = Math.Round(desimal); // bulat akan menjadi 4.0
Math.PI
- Nilai Pi (π)Konstanta Math.PI
memiliki nilai Pi (π) yang digunakan dalam banyak perhitungan geometri dan trigonometri.
Contoh:
double jariJari Lingkaran = 5.0;
double keliling = 2 * Math.PI * jariJariLingkaran; // menghitung keliling lingkaran
Math.E
- Nilai Euler (e)Konstanta Math.E
memiliki nilai Euler (e) yang digunakan dalam berbagai perhitungan matematika, terutama dalam fungsi eksponensial.
Contoh:
double hasil = Math.Pow(Math.E, 2); // menghitung e^2
Math.MinValue
dan Math.MaxValue
- Nilai Minimum dan Maksimum Tipe DataKonstanta Math.MinValue
dan Math.MaxValue
digunakan untuk mengambil nilai minimum dan maksimum yang dapat diwakili oleh tipe data numerik tertentu.
Contoh:
int nilaiMinimumInt = int.MinValue;
int nilaiMaksimumInt = int.MaxValue;
Dalam bahasa pemrograman C#, Anda dapat menggunakan berbagai fungsi matematika bawaan seperti Math.Abs()
, Math.Sqrt()
, Math.Pow()
, dan Math.Round()
untuk melakukan berbagai operasi matematika. Selain itu, konstanta matematika seperti Math.PI
dan Math.E
juga tersedia untuk digunakan dalam perhitungan yang melibatkan nilai Pi (π) dan Euler (e). Pemahaman tentang fungsi-fungsi ini dan konstanta-konstanta ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas matematika dalam program Anda.
Artikel Lainnya Dengan Kategori Terkait :
1. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #01 Apa itu C# dan Keunggulannya
2. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #02 Apakah Bahasa C# Penting?
3. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #03 Installasi Setup untuk menjalankan C#
4. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #04 Menjalankan Program C# Pertama
5. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #05 Struktur Kode Bahasa Pemrograman C#
6. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #06 Struktur eksekusi kode bahasa pemrogaman C#
7. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #07 Sintaks Print
8. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #08 Sintaks Komentar
9. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #09 Error pada C#
10. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #10 Mengenal Tipe Data dan Variabel
11. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #11 Klasifikasi Tipe Data
12. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #12 Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
13. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #13 Installasi Setup untuk menjalankan C#
14. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #14 Tipe Data String
15. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #15 Sintaks Input
16. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #16 Type Casting
17. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #17 Fungsi Math
18. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #18 Penggunaan Tipe Data dan Variabel pada Game
19. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #19 Arithmetic Operator
20. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #20 Assignment Operator
21. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #21 Comparison Operator
22. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #22 Logical Operator
23. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #23 Equality Operator
24. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #24 Inequality operator !=
25. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #25 Penggunaan Operator pada Game
26. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #26 Type Casting
27. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #27 If Statement
28. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #28 Else Statement
29. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #29 Penggunaan Operator
30. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #30 If Statement Bersarang
31. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #31 If, Else, dan Else If
32. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #32 Switch Statement
33. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #33 Switch Statement Bersarang
34. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #34 Penggunaan Pengkondisian pada Game
35. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #35 Pengenalan Array
36. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #36 Sintaks Array Deklarasi dan Inisialisasi Array
37. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #37 Sintaks Array Mengakses Elemen Array
38. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #38 Sintaks Array Array dan Perulangan
39. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #39 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
40. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #40 If Array Multidimensi - Array Tiga Dimensi
41. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #41 Array Multidimensi - Array Dua Dimensi
42. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #42 Deklarasi Array Multi-dimensi pada C#
43. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #43 Inisialisasi Array Multi-dimensi
44. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #44 Melakukan iterasi pada *array *multi-dimensi
45. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #45 Penggunaan Array pada Game
46. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #46 Pengenalan Method
47. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #47 Method Void
48. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #48 Method dengan Tipe Data
49. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #49 Menyederhanakan Definisi Method
50. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #50 Parameter Method
51. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #51 Method dengan Multiple Parameter
52. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #52 Penggunaan Method pada Game
53. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #53 Mengenal OOP
54. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #54 Class dan Object
55. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #55 Constructor
56. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #56 Destructor
57. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #57 Access Modifier
58. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #58 Field
59. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #59 Penggunaan Property
60. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #60 Inheritance
61. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #61 Polymorphism
62. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #62 Penggunaan Class pada Game
63. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #63 Pengenalan Exception Handling
64. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #64 Struktur Try Catch
65. Belajar Bahasa Pemrogaman Dasar C# | #65 Studi Kasus Exception
Ahmad Dika Zulfahmi - 18 Februari 2025
Jungler Tank Bisa Kembali? Update yang Bisa Membawa Jungler Tank ke Meta Lagi
Ahmad Dika Zulfahmi - 06 Februari 2025
Setting Sensitivitas Auto Headshot Free Fire Terbaik
Ahmad Dika Zulfahmi - 03 Februari 2025
Flash Sale Minaplay! Top Up Diamond Free Fire Murah & Cepat!